KFF: Membingkai Lingkungan

15.10

Iye Rambu Anarki

Serang-Banten Muda, Komunitas Fotografi FISIF (KFF) bekarja sama dengan Laboratorium Multimedia dan Fotografi FISIF Untirta, Serang, menggelar pameran fotografi pada 24—27 Februari 2014. Pameran yang merupakan agenda tahunan KFF yang rutin diadakan semenjak 2012 lalu, kali ini mengambil tema “lingkungan” sebagai respons para anggota KFF terhadap isu lingkungan di Banten. Ada 22 karya fotografi dari 13 fotografer dan 1 karya fotografi dari Komunitas Sparkling yang ditampilkan pada pameran yang digelar di depan gedung FISIF Untirta, Serang, ini. 

“Kali ini KFF mengangkat tema lingkungan, karena kami merasa semakin hari lingkungan di Banten semakin semrawut. Sampah, limbah, jalanan berlubang dan macet, dan lain-lain. Kami ingin memberikan penyadaran kepada masyarakat melalui fotografi, dan ini dimulai dari masyarakat di dalam kampus ini sendiri,” tutur Iye Rambu Anarki selaku sekretaris KFF yang sekaligus juga panitia penyelenggara pameran. 




Menurut Iye, KFF sendiri terbentuk sejak 2011 lalu. Pembentukan komunitas yang disokong oleh mayoritas mahasiswa FISIF Untirta ini berawal dari mata kuliah fotografi pada semester lima. “Hanya saja, perkuliahan kan hanya memberikan pengetahuan mendasar tentang fotografi. Setelah itu tidak ada kelanjutannya lagi. Sementara, tidak sedikit dari para mahasiswa itu yang kemudian mencintai fotografi dan memiliki kemauan untuk menggali potensi dan mengekplorasi dunia fotografi. Nah, dari sanalah akhirnya KFF dibentuk untuk mengakomodasi mereka dan berbagi pengetahuan di bidang fotografi,” papar Iye. 

Karena itu, menurut Iye, aktivitas KFF yang dicanangkan menjadi salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) ini lebih banyak diisi dengan diskusi-diskusi tentang fotografi, workshop, hunting foto bersama, penerbitan majalah fotografi dalam bentuk digital, dan pameran. “Untuk menjadi UKM sebetulnya KFF sudah mendapat dukungan penuh dari Dekan, Pembantu Dekan I, Kepala Lab., hingga Kepala Jurusan Komunikasi,” imbuhnya. 

Mereka yang mengabadikan momen dan membingkai lingkungan pada pameran kali ini adalah Sebastian Adven, Ayip Iqbal Waladi, Tb. A. Maulana, M. Ilham Rinaldi, M. Hashemi, Fhasa Bahari, Anton, Gilang, Hegar, Jevry, M. Setia, Putut Wiroreksono, Ryan Hardeanto. [*] [Niduparas Erlang]

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »