Berjalan Menelusuri Kota Tua Jakarta

08.56

Jakarta- Banten Muda Suguhan mata akan terlihat ketika memasuki wilayah kota Tua Jakarta, pemandangan megah nan eksotis akan memanjangan mata dengan bangunan-bangunan tua yang kokoh peninggalan belanda yang di bangun sekitar abad ke-19 dan 20.

Berwisata sejarah di Oud Batavia atau yang bisa kita kenal kota tua yang merupakan saksi dari sejarah kota jakarta.  Sejarah kota tua dimulai dari sebuah pelabuan yang  kita kenal sebagai sunda kelapa, di masa lalu menjadi kota rebutan yang merupakan simbol kejayaan bagi siapa saja yang mampuh menguasainya. Tak heran jika mulai dari kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Sunda – Pajajaran, Kesultanan Banten – jayakarta, Werenigde Oost-indische Compagnie (VOC), Pemerintahan Jepang, hingga kini Republik Indonesia melalui Pemerintahan DKI Jakarta, terus berupaya mempertahankanya menjadi kota nomor satu di negara ini.

Sebagai kawasan wisata , kota Tua Jakarta terbagi menjadi beberapa area. Area 1 merupakan area sunda kelapa yang terdiri dari pelapuan sunda kelapa, Museum Bahari, Menara Syahbandar, dan Gedung VOC. Area 2 merupakan Area Fatahillah yang di sekitarnya terdapat Museum Bank Mandiri, Museum Bank indonesia, Museum Wayang, Museum Fatahilah, Stasiun jakarta Kota dan masih banyak temp[at sejarah yang bisa kita telusuri sejarahnya di Kota Tua Jakarta ini.


Pusat keramaia Kota Tua Jakarta terletak di depan Museum Fatahilah. Tepat di halaman museum tersebut sudah terpancar aura keramaian. Mulai dari sepedah warna-warni yang berjejeran untuk disewakan, pengunjung yang berlalu-lalang baik dengan berjalan kaki maupun bersepedah, hingga pedagang kaki lima yang menjual souvenir, makanan dan minuman. Selain itu terdapat pula seniman-seniman jalanan yang menghibur bagi para pengunjung. Halaman yng cukup luas serta banyaknya museum yang bisa di kunjungi dari satu tempat ke tempat yang lain akan meberikan kita bnayak pengetahuan dan menabah wawasan.

Kalian ingin berwisata ke Kota Tua? Dan berkeliling  untuk menambah wawasan dan pengetahuan sejarah? Kota Tua Jakarta ini terletak di Kelurahan Pinangsia Kecamatan Tamansari Kotamadya Jakarta Barat. Tidak perlu khawatir kita bisa menikmati bangunan sejarah dan jejak sejarah tanpa harus merngeluarkan banyak biaya, pokoknya pas deh buat kantong pelajar dan mahasiswa . (Dera)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »