Pelajar dan Mahasiswa Peduli Pendidikan

09.34


Pandeglang, Banten Muda. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Masih banyak anak-anak bangsa yang tidak dapat menikmati dunia pendidikan secara menyeluruh. Misalnya, sekolah dan bimbingan belajar. Semua itu dapat disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya minimnya kemampuan ekonomi, kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas, serta kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pentingnya pendidikan untuk masa depan.
Berlandaskan atas rasa kepedulian terhadap dunia pendidikan di Kab. Pandeglang, gabungan pelajar dan Mahasiswa, gelar penggalangan dana dalam rangka pembentukan Taman Belajar Anak Pandeglang (TBAP),  Minggu(1/12/13), di sekitar alun-alun Pandeglang. Dana yang didapatkan dari hasil penggalangan tersebut, akan digunakan untuk melengkapi semua fasilitas peserta didik TBAP, sepeti buku tulis, buku bacaan, pensil, pulpen, dan berbagai fasilitas lainnya.

Abu Rizal syifa, selaku ketua program TBAP, sekaligus anggota Banten Muda Community, dan Mahasiswa  di STIE Bina Bangsa Banten mengatakan Taman Belajar Anak Pandeglang adalah program yang diusung oleh berbagai organsasi baik dirana kabupaten maupun provinsi, diantaranya: Banten Muda Community, Parlemen Muda Banten, Forum OSIS Banten, Forum OSIS Kabupaten Pandeglang, dan Forum Anak Pandeglang. Taman Belajar Anak Pandeglang dibentuk dengan harapan dapat menjadi salah satu perangkat kelengkapan pendidikan Indonesia guna meningkatkan kecerdasan, keterampilan, daya nalar dan pemikiran anak-anak bangsa yang berlandaskan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dapat mempertinggi budi pekerti dan meningkatkan semangat belajar menuju perubahan yang lebih baik. Dalam salah satu sistemnya, Taman Belajar Anak Pandeglang memilih satu daerah di Kabupaten Pandeglang dalam periode satu tahun, kemudian ditahun berikutnya berpindah ke daerah lain yang dianggap sangat membutuhkan kehadiran Taman Belajar Anak Pandeglang. Ditahun yang pertama ini, TBAP akan berada di Kp. Cigintung, Ds. Sukmanah, Kec. Kaduhejo-Pandeglang. Peserta didik TBAP sendiri, adalah para anak-anak yang ada di KP. Cigintung. Tidak hanya itu, kami juga berencana, akan membentuk Taman Belajar di setiap Kecamatan, yang nantinya, taman belajar itu akan dikelola oleh Pengurus-pengurus Organisasi Ekstrakurikuler (Ekskul) Sekolah Menengah Atas yang berada di daerah Kecamatan tersebut.

Adapun pembelajaran yang dapat dinikmati oleh peserta didik di TBAP, adalah pembelajaran yang mengandung unsur ilmiah/ ilmu pengetahuan umum, kesenian, dan agamis. Tentunya dengan metode belajar, bermain, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Staf pengajar/ pendidik di Taman Belajar Anak Pandeglang adalah para relawan yang berasal dari siswa-siswi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SMA/ SMK/ MA ), mahasiswa-mahasiswi dari berbagai Perguruan Tinggi di Banten, serta masyarakat umum Kabupaten Pandeglang yang berminat dan peduli dengan pendidikan anak-anak di Kabupaten Pandeglang. Tidak hanya itu, di dalam Taman belajar akan terdapat taman baca tidak hanya akan dimanfaatkan oleh anak-anak peserta didik, tetapi oleh semua masyarakat yang berada di sekitar Taman Belajar Anak Pandeglang.
Saat ini, TBAP masih sangat membutuhkan relawan-relawan untuk menjadi staf pengajar, tidak hanya itu, bantuan dan partispasi dari berbagai pihak pun sangat dibutuhkan untuk menyukseskan program ini. ***


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »