SMP BK-3 Kota Tangerang : Gebyar Sumpah Pemuda 2013

23.27


Kota Tangerang, Banten Muda – Dengan penuh semangat dan diselingi riuh tepuk tangan penonton, acara ‘Gebyar Sumpah Pemuda’ yang diadakan oleh SMP BK-3 (Badan Kerjasama Kegiatan Kristen) Kota Tangerang resmi dibuka. Acara yang bertempat di panggung utama City Mall Tangerang pada Minggu, 27 Oktober 2013 itu diawali dengan kata sambutan hangat dari kepalah sekolah, Drs. Sp. Hardana, MM. Pada kesempatan itu, beliau menuturkan harapannya agar para muda-mudi khususnya kalangan pelajar, mampu memupuk kreativitas dan menampilkannya di depan umum sebagai cermin semangat sumpah pemuda masa kini.
            “Dalam pelaksanaannya yang sudah memasuki tahun ke-empat, Gebyar Sumpah Pemuda diharapkan bisa membangun semangat kepemudaan dalam bidang kreativitas berkarya, tanpa melupakan jiwa nasionalisme. Dahulu, pemuda-pemudi melakukan sumpah pemuda untuk persatuan negeri ini, maka di masa sekarang, pemuda-pemudi bisa meneruskannya dengan berani berkreativitas untuk negeri,” tutur beliau antusias, yang disambut meriah oleh peserta lomba dan penonton yang hadir.
            Acara yang mengusung tema ‘Pemuda Harapan Bangsa’ itu, menawarkan berbagai lomba, seperti tari daerah, paduan suara, solo vocal hingga fashion show pakaian adat daerah. Kontes fashion show pakaian adat adalah salah satu ajang lomba yang paling ditunggu, karena tiap peserta lomba diharuskan mengenakan baju adat yang berbeda dari pelbagai daerah di nusantara. Untuk solo vocal dan paduan suara, panitia pun mewajikan peserta lomba menyanyikan lagu nasional ‘Doa untuk Ibu’ serta satu pilihan lagu daerah. Perlombaan yang menonjolkan keindahan budaya nusantara Indonesia juga terlihat pada kompetisi tarian adat yang menampilkan tari Saman, tari Piring hingga tari Tor-Tor.
            “Harapan kita dari setiap lomba yang ada, semoga muda-mudi terutama yang masih pelajar, bisa memaknai perbedaan sebagai suatu keindahan yang dimiliki persatuan Indonesia,” ujar Bapak Ig. Sunardi, S.Pd selaku Ketua Pelaksana acara yang ditemui di tengah acara berlangsung. Acaranya sendiri berlangsung begitu meriah dan semarak. Para peserta yang berasal dari sekolah SMP di kota Tangerang serta dari SMP BK-3, saling unjuk bakat dan memamerkan ragam kultur Indonesia.
            “Bangga banget bisa ikutan acara ini. Walau baru pertama kali, tapi ini sudah jadi pengalaman berkesan buatku, soalnya sebelumnya belum pernah pakai baju adat Betawi,” komentar Yehezkiel, salah satu siswa kelas 3 SMP BK-3 Kota Tangerang yang mengikuti kontes fashion show pakaian adat. Tak hanya Yehezkiel, salah satu siswi SMP peserta fashion show pakaian adat lainnya bernama Cahaya, mengaku begitu bersemangat mengikuti acara dan tak sabar untuk menunjukkan baju adat daerah Jawa Tengah yang dipakainya.
            Serangkaian acara dan perlombaan ‘Gebyar Sumpah Pemuda’ pun usai pada pukul lima sore, ditutup dengan penyerahaan piala penghargaan bagi para pemenang lomba. Selamat hari Sumpah Pemuda untuk kita semua, salam semangat untuk pemuda-pemudi Indonesia! (ver/ft.ver)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »