Mahasiswa Cibaliung di Kota Serang Deklarasikan Kumaung

22.04


Serang, Banten Muda - Untuk mengakomodir mahasiswa asal Cibaliung Pandeglang,yang sedang menuntut ilmu di Kota Serang, dibentuklah Keluarga Mahasiswa Cibaliung (Kumaung), Senin (28/10/2013) di Kampus IAIN SMH Banten,kota Serang. Diharapkan keberadaan Kumaung bisa menjawab persoalan-persolan yang ada di Cibaliung. 

Diantara 75 orang yang hadir dalam deklarasi tersebut, tampak Ibnu Adam Avicenna Presiden Rumah Dunia  asal Ciwangun, Usep Saepudin  warga Cigorondong, Nedi mahasiswa IAIN, serta mahasiswa asal kawasan Cibaliung lainnya yang sedang mengenyam pendidikan di berbagai universitas di kota Serang.

Presidium Kumaung Munawir Syahidi dalam sambutannya mengatakan, Kumaung  berdiri untuk mengakomodir mahasiswa Cibaliung. "Istilahna nyiar duduluran, supaya bisa memberikan manfaat untuk mahasiswa sendiri dan masyarakat Cibaliung.” ujarnya.

Dengan dideklarasikan Kumaung, lanjut Munawir, Kumaung dan anggotanya adalah mahasiswa yang notabene mempunyai pendidikan tinggi, bisa  mencerdaskan masyarakat agar bisa berfikir tentang kebenaran.

"Dengan adanya kawasan ekonomi khusus yang akan hadir di Cibaliung, maka diharapkan mahasiswa Cibaliung sendiri dapat mengawal dan berperan serta aktif dalam pembangunannya,” jelas Munawir.

Sementara itu,  Usep Saepudin dalam sambutannya menjelaskan, mahasiswa dari Cibaliung harus tahu apa yang ada di Cibaliung. Mulai  dari kekayaan alam, jumlah penduduk dan persoalannya. Usep juga berharap, mahasiswa asal Cibaliung bukan hanya mengikat persaudaraan saja, tapi harus cerdas secara ilmiah menyikapi permasalahan yang terjadi di Cibaliung.

"Mahasiswa asal Cibaliung juga harus tahu, wajib tahu, apa saja yang ada di Cibaliung, ketimpangan-ketimpangan apa saja yang terjadi Cibaliung. Apalagi adanya rencana pemisahan diri Cibaliung dari Pandeglang," kata Usep.
           
Dalam sambutannya, Ibnu Adam Avicena menegaskan apa yang dimaksud oleh Usep, “Mahasiswa asal Cibaliung sangat perlu  menginventarisir sekecil apapun mengenai Cibaliung. Mulai dari jumlah mahasiswa asal Cibaliung di kota Serang, alamat tempat tinggal di Cibaliungnya, kekayaan alam di Cibaliung, dan permasalahan-permasalahan di Cibaliung," kata Ibnu.


Menurut Ibnu, tanpa mengetahui data-data tentang Cibaliung, Kumaung tidak akan bisa menjawab persoalan-persoalan yang terjadi di Cibaliung. " Kita tidak tahu masalah yang terjadi di masyarakat, maka kita tidak bisa membantu masyarakat, tukasnya. (LLJ)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »