GAGAS (gabungan goweser serang)

15.34


GAGAS

Bersepeda merupakan salah satu cara alternatif memerangi polusi di lingkungan kita, maraknya pengguna sepeda motor di kalangan anak muda sekarang, mencerminkan bahwa sepeda seakan terlupakan dan enggan peduli terhadap pencemaran lingkungan. Berbeda dengan komunitas di Banten yang satu ini, GAGAS (gabungan goweser serang) adalah sebuah komunitas sepeda yang didirikan pada 11 sepetember 2011. Komunitas ini merupakan perkumpulan orang-orang yang gemar melakukan aktivitas touring dengan menggunakan sepeda. GAGAS memiliki anggota sekitar 115 orang. komunitas yang bermarkas di Jl. KH Idris No 35 RT 02 RW 13 Benggala-Neglasari Serang Banten ini tiap minggu paginya rutin melakukan aktivitas bersepeda bareng serta banyak mengikuti undangan dalam berbagai event fun bike di Banten. Di mata masyarakat banten, GAGAS memberikan citra baik tentang bersepeda, selain untuk kesehatan, bersepeda juga dapat mengurangi polusi, kemacetan, dan tingkat kecelakaan.     

Terbentuknya GAGAS diawali dengan NBC 213 (Neglasari Bycicle Club RT 2 RW 13) pada tahun 2007 yang merupakan kumpulan warga benggala neglasari yang gemar melakukan aktivitas bersepeda tiap minggunya serta rutin mengikuti bebagai event fun bike di Banten. Anggota dari NBC 213 tak lain adalah bapak-bapak, ibu-ibu, anak-anak serta remaja warga neglasari. Karena saking rutinnya NBC 213 melakukan kegiatan bersepeda dengan menggunakan kaos club sebagai identitas mereka, nama NBC 213 pun mulai menggoda masyarakat untuk turut bergabung dalam kegiatan menggowesnya. Dari berbagai kalangan seperti pelajar, PNS, ABRI, Pengusaha, Karyawan Swasta yang senang bersepeda, dan ada juga komunitas sepeda lain seperti BCC dan SPING  yang ikut gabung dalam NBC 213. Atas usulan Achmad Hanafi salah satu dari anggota NBC, nama NBC 213 diganti menjadi GAGAS (gabungan goweser serang). Akhirnya, GAGAS resmi terbentuk pada tanggal 11 September 2011.

Nama GAGAS semakin dikenal khususnya di Provinsi Banten, berbagai even fun bike pun banyak yang menggandeng GAGAS untuk memeriahkan acara seperti Fun Bike Radar Banten, Ulang tahun kota Cilegon, Fun Bike HUT Banten, Fun Bike UNS di Jakarta, Fun bike BJB, HUT Korem Maulana Yusuf, memperingati hari air sedunia ( PU Provinsi Banten), Fun Bike BANK JABAR , dll. GAGAS juga pernah masuk dalam acara GOWES di ANTV  ke Rawa Danau. 

Rencananya GAGAS juga akan mengikuti acara SEJABAT (Sepeda Jelajah Banten) gowes bareng BAGEDUR ,Malimping- Sawarna yang akan dilaksanakan pada tanggal 27-29 September 2013. Acara ini diselenggarakan oleh KODIM 0602 SERANG.

Menurut Achamd Hanafi selaku kordinator GAGAS, sesuai dengan Visi Misinya, GAGAS mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk  “memerangi polusi” serta “hidup sehat”, manfaat dari bersepeda ini bukan hanya untuk kesehatan saja, melainkan dapat mempererat tali silaturahmi juga. *** (Serpicko Harlach)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »