Workshop Galaksi Pelajar; Pentingnya Monitoring dalam Organisasi

20.11

SERANG, BANTEN MUDA – Di minggu kedua jadwal workshop Galaksi Pelajar Banten Muda tentang organisasi, Bapak Fikri Habibi, dosen Universitas Serang Raya (Unsera) kembali mengisi materi tentang pentingnya monitoring dalam sebuah organisasi, Sabtu (13/7).
Monitoring berperan penting dalam sebuah organisasi, di mana peran dari personal yang sudah memiliki tugas dan wewenang perlu dilakukan pengawasan agar berjalan sesuai dengan tujuan, visi, dan misi organisasi. Bapak Fikiri berujar, beberapa pakar manajemen bahkan mengemukakan bahwa fungsi monitoring mempunyai nilai yang sama bobotnya dengan fungsi perencanaan. Keberhasilan dalam mencapai tujuan organisasi, separuhnya ditentukan oleh rencana yang telah ditetapkan dan setengahnya lagi fungsi oleh pengawasan atau monitoring.
Sudah sangat lumrah, kebanyakan manusia ragu untuk mengungkapkan isi hatinya, terlebih kepada seseorang yang dianggap memiliki posisi yang lebih dihormati dalam sebuah organisasi. Inilah perbedaan antara organisasi dan politisi. Dalam organisasi, anggota diberi keleluasaan untuk berpendapat, meski salah asalkan tidak bohong.
Menurut Bapak Habibi, organisasi yang sehat adalah organisasi yang antar pemimpin dan anggotanya terjadi interaksi yang berkesinambungan. “Ketua kudu bisa memancing anggotanya buat ngomong. Misalnya dalam rapat evaluasi yang sudah dijagendakan, anggota berkesempatan besar untuk menyampaikan uneg-uneg. Banyak juga anggota yang takut untuk bicara, nah, ketualah yang kudu pinter mencancingnya buat ngomong,” tuturnya kepada peserta yang hadir.
“Seorang ketua atau pemimpin harus punya self defence yang kuat ketika mendapat kritikan dari anggotanya. Karena sudah dipastikan, setiap pemimpin akan dihadapkan pada pengambilan keputusan meski dalam situasi sulit sekalipun. Di sinilah nilai kepemimpinan seseorang dapat dilihat, sukses atau tidaknya dia dalam mengambil keputusan,” pungkas Bapak Habibi di akhir materi. [*]

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »