Welcome Party Duta Seni Pelajar 2013, Banten Jadi Tuan Rumah

23.10

Penampilan yel-yel kontingen Banten di acara pembukaan Duta Seni Pelajar se-Jawa, Bali, dan Lampung, kemarin, Senin (1/7).
SERANG, BANTEN MUDA – Helatan besar pelajar se-Jawa, Bali, dan Lampung kembali digelar tahun ini. Kemarin, bertempat di Hotel Ratu Bidakara, Serang, Provinsi Banten yang menjadi tuan rumah Duta Seni Pelajar 2013 menggelar acara sambutan selamat datang yang dihadiri sekitar 400 peserta dari 8 provinsi yang ikut meramaikan kegiatan ini. Duta Seni Pelajar-Banten 2013, akan berlangsung selama 3 hari hingga 4 Juni mendatang.  
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Banten, Hudaya Latuconsina mengatakan, peserta yang akan mengikuti ajang Duta Seni Pelajar 2013 berasal dari Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), Daerah Istimewa Yogyajarta (DIY), Jawa Timur (Jatim), serta Bali dan Lampung. "Masing-masing provinsi mengutus peserta sebanyak 50 orang. Kegiatan ini menghabiskan anggaran Rp 2,8 miliar," ujar Hudaya, di Serang, Senin (1/7).
Hudaya menjelaskan, ajang Duta Seni Pelajar se-Jawa-Bali dan Lampung ini lahir berdasarkan kesepakatan bersama enam provinsi di Indonesia, melalui forum Konsultasi Regional Pembangunan (Konregbang). Ajang Duta Seni Pelajar ini bertujuan untuk memantapkan solidaritas sosial, persaudaraan, kesatuan dan persatuan antarpelajar, serta menjaga sinergitas kegiatan dunia pendidikan bidang seni dan budaya di kalangan generasi muda.
"Kita berharap kegiatan ini mampu menumbuhkan cinta Tanah Air di kalangan pelajar, dengan pendekatan belajar dengan seni, belajar melalui seni dan belajar tentang seni, sebagai bukti tingginya peradaban budaya masyarakat Indonesia. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menjadi wadah penyaluran minat, bakat dan kreativitas seni para pelajar, dalam mendukung program pemerintah dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya nasional, serta sebagai media pengenalan wilayah masing-masing provinsi," ujarnya.
Acara pembukaan semalam berlangsung meriah dengan menampilkan budaya Banten, di antaranya tarian selamat datang kolaborasi dari Sanggar Mayang Sari, Kampung Yuda, dan Raksa Budaya. Demikian juga dengan kesenian debus, performance dari Banten Voice, dan yel-yel dari masing-masing kontingen membuat acara welcome party Duta Pelajar 2013 semakin semarak. [*]

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »