KKM Untirta Gelar Pelatihan Menulis dan Jurnalistik untuk Pelajar

17.00
Mahasiswa KKM kelompok 12 Untirta pose bersama perwakilan peserta dalam acara pelatihan menulis dan jurnalistik di madrasah Al-Khairiyah, Tangerang, Kamis (18/7).


TANGERANG, BANTEN MUDA – Menulis adalah pekerjaan pengabadikan sejarah atau rekam jejak. Lewat tulisan, seseorang bisa dikenang sepanjang masa. Banyak tokoh yang dikenal karena tulisan mereka yang ditemukan dan kemudian menjadi bacaan inspirasi bagi generasi sesudah mereka. Seperti Voltaire sang revolusioner Prancis, atau RA. Kartini lewat surat-suratnya yang dirangkum dalam Habis Gelap Terbitlah Terang.
Berangkat dari semangat menumbuhkan minat menulis pada generasi muda, mahasiwa dari kelompok Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) 12, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menggelar pelatihan menulis dan jurnalistik di kampus madrasah Al-Khairiyah, Kresek, Kabupaten Tangerang, Kamis (18/7).
Dicky Rizky Fadilah, ketua KKM kelompok 12 menuturkan bahwa selain untuk menumbuhkan minat menulis, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenalkan pengetahuan jurnalistik kepada pelajar. “Seperti yang kita lihat, saat ini minat baca pada generasi muda mulai berkurang, apa lagi yang menyaksikan sebuah tayangan mengenai berita. Sehingga mereka kelihangan informasi baik melalui bacaan maupun berita. Lewat kegiatan iuni kita ingin mengubah fenomena itu,  bahkan kita pengen peserta bisa menjadi penulis baik itu bacaan sastra maupun berita dan artikel,”  terang Dicky.
Sebagai narasumber, penyelengara sengaja mendatangkan pemateri dari tiga jenis media berbeda, di antaranya Rizki Ganis dari Kompas TV, Setiawan Chogah dari Tabloid Banten Muda, dan Dionisius Bemby dari Radarbanten.Com.
“Kita pengen ngasih tahu peserta tentang jenis-jenis media. Dengan demikian mereka akan lebih leluasa dalam menentukan pilihan. Mau jadi jurnalis di tivi, koran, situs online, atau tabloid, semuanya ingin kita paparkan lewat acara ini,” tutur Darwin, ketua pelaksana program pelatihan KKM 12 Untirta kepada Banten Muda.
Sekitar 50 peserta yang hadir dari tingkat SMP dan SMA terlihat sangat antusuias mengikuti acara hingga selesai. Salah satu peserta yang hadir, Neneng Ayu Safitri, menuturkan bahwa lewat pelatihan ini dia menjadi lebih tahu tentang jurnalistik dan kiat-kiat menulis cerpen. Lain lagi dengan Fida Hilya Hayati, “Hari ini aku beruntung banget bisa hadir di acara pelatihan menulis dan jurnalistik KKM 12 Untirta. Kebetulan aku tertarik banget sama dunia tulis-menulis dan jurnalistik. Lewat acara ini rasa ingin tahuku jadi terjawab,” ujar siswa kelas X MA Al-Khairiyah ini kepada Banten Muda.  

[*]



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »