Generasi Muda Banten Berbagi Lewat Isbanban

16.49
Keceriaan di  Istana Belajar Anak Banten, Padarincang, Serang.

SERANG, BANTEN MUDA – Generasi muda merupakan satu elemen paling penting dalam kelangsungan peradaban suatu bangsa. Generasi muda sangat berpotensi besar untuk memperbaiki, memajukan, dan membawa angin segar perubahan bagi bangsa, yang paling sejati bahwa generasi muda adalah penerus yang akan menjadi pewaris dan pemelihara bangsa beserta aset-asetnya, seperti sumber daya manusia, kebudayaan, bahkan sumber daya alam. Akan tetapi hal itu tidak mungkin terlaksana tanpa adanya pendidikan dan bimbingan kepada para generasi muda.
Dengan tekad kuat mendukung pengembangan potensi anak bangsa, komunitas Banten Muda senantiasa menjadi wadah yang siap sedia menampung segala bentuk aspirasi anak muda untuk disalurkan dalam kreativitas yang positif. Hal ini terlihat dalam sinergi Banten Muda dengan beberapa organisasi sehaluan, tak terkecuali organisasi yang dimotori oleh anak-anak muda seperti membentuk Istana Belajar Anak Muda Banten (Isbanban) bersama Forum OSIS Banten dan Parlemen Muda Indonesia wilayah Banten.
Panji Aziz Pratama, Project Leader Isbanban
“Isbanban adalah program yang diusung bersama oleh tiga organisasi, ada Banten Muda, Forum OSIS Banten, dan Parlemen Muda Indonesia regional Banten,” papar Panji, Project Leader Istana Belajar Anak Banten.
Isbanban sejatinya adalah bentuk sumbangsih dari anak-anak muda pada pentingnya pendidikan. Panji menilai, anak muda memiliki potensi yang besar untuk kemajuan bangsa apabila aspirasi dan ide-ide mereka disalurkan. Kehadiran Isbanban untuk pertama kalinya di Desa Suka Maju, Kecamatan Padarincang, Serang merupakan pilot project yang diharapkan akan menjadi stimulus untuk anak muda lain melakukan hal yang sama di daerah mereka. “Alhamdulillah, Isbanban udah 6 bulan. Kita opening 10 Februari dan program-program yang dibentuk dari awal cukup well running seperti program mengajar tiap minggu. Isbanban punya program untuk menyalurkan bakat non akademik mereka seperti teater, musik, tari, dan lain sebagainya,” ujar Panji ketika ditemui di acara Semarak Ramadhan Isbanban beberapa waktu yang lalu.
Sebagai wujud nyata dari keseriusan mereka, Panji dan kawan-kawan pelajar serta mahasiswa di Banten selalu menyediakan waktu untuk berbagi inspirasi bersama ratusan anak-anak daerah yang dinilai masih jauh dari akses pendidikan yang layak. “Saat ini anak-anak di beberapa daerah di Banten masih sulit untuk mengakses pendidikan yang layak. Banten Muda, FOB, dan Parlemen Muda dengan semangat berbagi inspirasi membentuk Isbanban. Di Isbanban mereka bisa membaca buku-buku dan majalah, atau belajar langsung dari teman-teman yang tiap minggu memang sengaja meluangkan waktu untuk mereka,” ujar Panji menambahkan. [*]

            

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »