Festival Makanan Khas Banten

17.22
Suasana di Festival Makanan Khas Banten, kemarin (29/7).
SERANG, BANTEN MUDA – Banten adalah provinsi yang kaya akan potensi wisata. Sebut saja keelokan pantai Anyer yang masyur, Sawarna, atau Ujung Kulon dengan badak bercula satunya. Tak hanya itu, Banten juga kaya akan daerah wisata sejarah seperti peninggalan kesultan Banten dan tempat ziarah sebagai aset wisata religi. Tapi jangan lupa, Banten yang merupakan bagian Tanah Air bertama kali  yang disinggahi Belanda tahun 1596 bersama Cornelis de Houtman, juga kaya akan wisata kuliner tradisional.
Dengan tujuan mengenalkan makanan tradisonal khas Banten kepada generasi muda, FesbukBantenNews dan Kerabat Bhumi menggelar Festival Makanan Khas Banten di arena Kafe de Clinic, Brimob, Serang, pada Senin (29/7) kemarin.
“Sekarang anak-anak muda banyak yang nggak tau makanan khas Banten. Mereka justru lebih tertarik dan bangga mengonsumsi makanan cepat saji bikinan orang luar. Dengan semangat berbagi di bulan Ramadhan, juga untuk mengenalkan kembali makanan tradisional khas Banten, kami menggelar festival ini dengan menampilkan aneka makanan khas Banten dan menyantapnya secara bersama-sama saat berbuka puasa nanti,” ujar Lulu, relawan dari FBN.
Beberapa makanan tradisional yang dipamerkan.
Pengunjung yang hadir dapat menyaksikan secara langsung berbagai jenis makanan khas Banten beserta sejarah yang ada di balik nama makanan tersebut, seperti Ketan Bentul yang merupakan makanan kesukaan Sultan Maulana Hasanuddin. Tak hanya tahu bentuk dan kenal sejarahnya, usai adzan Magrib, pengunjung  pun dapat mencicipi rasa dari makanan yang mereka saksikan secara cuma-cuma.
“Seneng banget bisa hadir di acara ini, aku jadi tahu ternyata ada begitu banyak makanan tradisional khas Banten yang rasanya gak kalah nikmat dibanding makanan import. Dari dulu aku penasaran banget sama yang namanya Rabeg dan Sate Bandeng, alhamdulillah, tapi udah ngeliatin langsung dan udah nyicipin juga rasanya kayak apa. Enak! Hehehe,” tutur Riri, salah satu pengunjung yang berbagi kesannya pada Banten Muda. [*]
       

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »