Seminar Nasional Literasi Media

15.28
 

SERANG, BANTEN MUDA – Media adalah salah satu intsrumen menyebar informasi kepada publik. Namun adakalanya media ditunggangi pihak-pihak yang berkepentingan, sehingga media tidak lagi objektif dalam pemberitaan. Dengan tujuan mengedukasi mahasiswa untuk menjadi agent of change mengembalikan media pada fungsi sejatinya, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) bekerja sama Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI) menggelar Seminar Nasional Literasi Media di auditorium Untira, (5/6/13).
Diah Fitri Pratiwi, Ketua Pelaksana yang ditemui Banten Muda di sela acara menjelaskan bahwa seminar nasional ini merupakan rangkaian acara diklat yang akan digelar di SMK Baitul Hamdi, Menes, mendatang. “Intinya acara ini untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang media lewat literasi media yang selama ini belum masuk dalam mata perkuliahan. Kita pengen mahasiswa melek dengan media yang saat ini sudah tidak objektif dalam pemberitaan,” ujarnya.
Dalam acara yang dihadiri sejumlah perwakilan mahasiswa Ilmu Komunikasi dari beberapa universitas di Indonesia ini menghadirkan Azimah Subagijo, Komisioner KPI Pusat yang memaparkan persoalan media untuk penguatan civil society.
Azimah menilai bahwa mahasiswa berperan penting sebagai salah satu sumber penggali substansi kebutuhan masyarakat terhadap materi siaran. “Mahasiswa adalah pintu masuk akses pelayanan. Terlebih mahasiswa Ilmu Komunikasi yang telah dibekali dengan etika, sewajarnya lebih tahu seperti apa siara yang sehat untuk publik. Ketika mereka masuk dalam produksi informasi, mereka bisa menjadi filter sebelum informasi disebarluaskan,” tuturnya.

HIMAKOM turut mengundang pemateri dari dewan Pers, Imam Wahyudi dengan bahasan merawat kebebasan pers dan media. Menurut Imam, kebebasan pers bersumber dari kekebasan individu, kebebasan berpendapat dan berekspresi, sehingga kebebasan pers menjadi urusan publik, bukan kepentingan pers semata. [*] Setiawan Chogah

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »