Pengumuman Lomba Resensi "Banten, Suatu Ketika" Banten Muda Community

19.01

Hallo, Sobat Banten Muda…
Sebelumnya, kami minta maaf atas keterlambatan mengumumkan pemenang lomba resensi kumpulan cerpen “Banten, Suatu Ketika”, seharusnya diumumkan tanggal 21 Juni 2013. Tapi baru diumumkan hari ini, 22 Juni.
Malam, Jumat, 21 Juni 2013 masih terjadi diskusi yang alot di antara dewan juri dalam memutuskan pemenang. Di antara sekian banyak peserta yang ikut, dewan juri hanya meloloskan 4 peserta. Wow! Padahal ada 10 pemenang ya? Kok bisa hanya 4 peserta. Karena setelah dewan juri membaca resensi yang dikirim peserta ke email panitia, kebanyakan tidak sesuai dengan harapan dewan juri. Ada yang tulisan resensinya sangat dangkal, ada juga yang link tautannya tak bisa ditemukan (konten sudah dihapus), ada yang tidak memenuhi syarat administrasi, dan masih banyak lainnya. Jadi dengan terpaksa tak bisa diajukan dalam sidang dewan juri.
Namun dalam lomba resensi ini, Banten Muda sangat senang karena antusias peserta, bahkan ada yang masih remaja alias ABG banget. Bukankah memang itu tujuan Banten Muda dalam lomba ini? Mengasah bibit-bibit muda agar tumbuh dan berkarya, terutama dalam ranah literasi. Harapannya bibit-bibit muda itu tidak patah arang dan terus mengasah kemampuannya dalam menulis.
Keempat naskah resensi yang dibawa ke sidang dewan juri adalah Mengemas Banten ke Dalam Cerpen (Wahid Nur), Merekam Perjalanan dalam Tetes Tinta Hitam (A. Abdul Muiz), Imaji yang Merantai Fakta (Rendy Rachman), dan Tentang Menjadi Manusia dan Menghargai Hidup (Trias Wahyu Saputra).
Setelah melewati diskusi yang alot tersebut, akhirnya dewan juri membuat keputusan: Dalam lomba resensi “Banten, Suatu Ketika” ini tidak ada Juara 1 dan Juara 2. Karena menurut dewan juri di antara 4 naskah itu belum ada yang benar-benar sesuai harapan semua juri. Tidak ada suara bulat dari dewan juri memilih naskah yang jadi juara. Dewan juri hanya memilih Juara 3 dan ketiga naskah lainnya menjadi juara hiburan. Tapi hadiah juara hiburannya yang semula seratus ribu rupiah, diganti menjadi dua ratus lima puluh ribu rupiah.
Ini dia para juara lomba resensi buku “Banten, Suatu Ketika” :
1.      Juara 1, tidak ada.
2.      Juara 2, tidak ada.
3.      Juara 3 Imaji yang Merantai Fakta oleh Rendy Rachman (Mahasiswa Isipol UGM, Yogyakarta). Berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp 500.000,-
4.      Juara hiburan masing-masing mendapat Rp 250. 000,-
a.      Mengemas Banten ke Dalam Cerpen oleh Wahid Nur (Alumni Sosiologi Agama UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta)
b.      Merekam Perjalanan dalam Tetes Tinta Hitam oleh A. Abdul Muiz (Sidoarjo)
c.       Tentang Menjadi Manusia dan Menghargai Hidup oleh Trias Wahyu Saputra (Mahasiswa Ilmu Komunikasi, UGM, Yogykarta)
Banten Muda berhak mempublikasi resensi-resensi tersebut di tabloid Banten Muda atau web Banten Muda dengan tetap menyebutkan identitas penulis (hadiah sudah termasuk honorium). Demikianlah keputusan Dewan Juri Lomba Resensi Buku “Banten, Suatu Ketika” 2013 ditetapkan secara mengikat, tidak dapat diganggu gugat dan tidak diadakan surat menyurat.


Serang-Banten,  22 Juni 2013.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »