Jamsostek Gelar Pelatihan Dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja

01.53

SERANG, BANTEN MUDA – Siapa yang mau celaka? Tentunya tidak ada seorang pun yang mau mengalaminya. Tetapi risiko kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, termasuk di lingkungan tempat kerja. Dengan tujuan memberikan perlindungan kepada pekerja, pemerintah sengaja membuat peraturan terkait hal ini yang tertulis dalam undang-undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, dan beberapa peraturan lainnya.
Pada intinya, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan instrumen yang memproteksi pekerja, perusahaan, lingkungan hidup, dan masyarakat sekitar dari bahaya akibat kecelakaan kerja. Perlindungan tersebut merupakan hak asasi yang wajib dipenuhi oleh perusahaan. K3 bertujuan mencegah, mengurangi, bahkan menihilkan risiko kecelakaan kerja (zero accident). Dengan tujuan menerapkan K3 secara menyeluruh pada perusahaan di dalam wilayah Serang, Rabu (12/6/2013), PT Jamsostek (Persero) cabang Serang menyelenggarakan pelatihan dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Ratu Hotel Bidakara.
Kepala PT Jamsostek Cabang Serang, Alif Fauzi, mengungkapkan bahwa pelatihan ini sebagai salah satu kontribusi PT Jamsostek untuk meminimalisir angka kecelakaan kerja, khususnya di Serang. “Sekitar 90 peserta yang hadir hari ini akan dibekali modul dan materi tentang K3,” ujarnya.
Turut hadir dalam acara ini Kepala Kantor Wilayah Jamsostek Banten, Didi Siswadi. Didi menjelaskan, Jamsostek memiliki visi baru  menjadi badan penyelenggara jaminan sosial tenaga kerja kelas dunia. “Saat ini di Indonesia Jassostek memiliki 13 kantor wilayah dan 125 cabang. Pengembangan kantor cabang dan sarana prasarana tidak dilakukan sekaligus, tapi secara bertahap,” ungkapnya. Untuk kantor wilayah Banten masih terhitung baru, terbentuk awal Mei 2013 lalu dengan satu kantor cabang di Serang dan lima di Tangerang. [*]




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »