TRAS Bongkar Trik Menulis Karya Ilmiah

19.08

Serang, Banten Muda — Bagi sebagian mahasiswa, menulis masih menjadi pekerjaan yang sulit. Indikasi tersebut lahir dari sedikitnya mahasiswa yang memuat karyanya di koran, jurnal ilmiah, maupun media lain. Lebih jauh  lagi, hal ini berakibat kepada sulitnya sebagian mahasiswa tersebut dalam penyusunan skripsi. Yang tidak dilatih, tidak akan terbiasa.

Memerhatikan hal di atas, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tras Untirta mengadakan kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah pada Minggu, 4 Mei 2013, di Auditorium Untirta  Serang. Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 pagi itu menghadirkan Dr. Aliudin, MP; dan Pipit Maryaningsih sebagai pembicara, serta Ahmad Hikmatullah sebagai moderator.

Dr. Aliudin, yang notabene adalah pejabat Lembaga Penelitiandan Pengabdian Masyarakat Untirta, menyampaikan beberapa hal mengenai artikel ilmiah: artian, unsur, sistematika, dan lain-lain. Sedangkan, Pipit Maryaningsih melanjutkan pemateri sebelumnya  dengan mema parkan hal-hal mengenai skripsi.

Secara umum, kegiatan berlangsung dan diapresiasi dengan baik.Pemaparan materi dan proses tanya-jawab menjadi komunikasi dua arah yang dinamis. Jumlah peserta yang cukup banyak menunjukkan, di satu sisi, apresiasi mahasiswa terhadap niatbaik pelaksana yang ingin membantu meluaskan pandangan mengenai karya ilmiah, sehingga persyaratan lulus berupa skripsi dan pemuatan karya di jurnal ilmiah bisa berkurang kengeriannya.

Aditya Dirgantara, ketua pelaksana pelatihan ini, mengakui niat baik itu. Ia sampaikan bahwa Tras melihat indikasi bahwa kegelisahan di kalangan mahasiswa masih kurang, sehingga tidak ada gerakan untuk meneliti. Lebih jauh, menulis menjadi tidak menarik dan sulit.

Adit juga mengharapkan pihak-pihak di dekat mahasiswa bisa bersinergi untuk mewujudkan semangat meneliti dan menulis. Sedangkan, ketika ditanya hal apa yang paling mendesak untuk diteliti oleh mahasiswa Untirta, ia menjawab: pengoptimalan sumber daya alam dan pembelajaran di sekolah. [*] (NL/ IWN)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »