Himaguseda Untirta Picu Calon Guru untuk Menulis di Media Massa

09.56
Para peserta kajian edukasi berfoto dengan pemateri usai acara 
Serang, Banten Muda – Dengan tujuan memberikan stimulus kepada calon guru untuk menulis di media, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Himaguseda) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menggelar acara kajian edukasi di gedung PKM B Untirta, Jumat (25/5). 

Kajian edukasi yang bertajuk Membangun Kreativitas, Inovasi dan Imajinasi Mahasiswa PGSD dengan Menulis di Media Massa ini digelar dalam bentuk diskusi dan  talkshow kepenulisan diisi oleh kader Banten Muda, Setiawan Chogah. Iwan berbagi pengalamannya selama menulis cerpen dan artikel di sejumlah media.

Kepada sekitar 25 peserta yang hadir dari mahasiswa PGSD, Iwan menuturkan bahwa tidak ada aturan baku dalam menulis. Setiap penulis bebas memilih karakter dan warna tulisannya sendiri. Iwan juga menganjurkan kepada peserta untuk menuliskan hal-hal terdekat mereka, sehingga mudah dalam melakukan penggarapan tulisan karena penulis sudah mengenal baik apa yang akan ditulisnya.

“Tulislah hal-hal yang dekat dengan kita. Hal yang kita alami, kita lihat, kita rasakan, atau juga tentang orang-orang di sekitar kita. Kita hanya butuh kejelian untuk menangkap ide dari sekitar yang berpotesni sekali untuk kita kembangkan menjadi sebuah tulisan yang menarik untuk dibaca,” tuturnya.

Iwan pun memberikan kiat-kiat mengirimkan cerpen ke media massa seperti menulis dengan benar sesuai kaidah Bahasa Indonesia, membuat judul yang menarik, serta mengenali karakter media.

Ketua Departement Art Hima PGSD, Meliasari, mengungkapkan, bahwa setelah acara diskusi ini, para mahasiswa PGSD khususnya peserta yang hadir terpicu untuk menulis kreatif dan tulisan mereka dimuat di media massa. Melia menambahkan, untuk ke depannya, Himaguseda akan terus menggali potensi mahasiswa PGSD lewat workshop kepenulisan yang lebih spesifik seperti menulis berita, membangun karakter tokoh, dan setting dalam cerita. (BieM)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »