GenRe Gelar Pemilihan Duta Mahasiswa Banten 2013

12.48

Pemilihan Duta Mahasiswa Banten 2013,
Graha Faletehan, Senin (15/4)

Ingar-bingar menggema dari Graha Faletehan ketika saya memasuki gedung auditorium Stikes Faletehan Serang di Senin, 15 April 2013. Siang itu, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Faletehan terpilih sebagai tempat penyelenggaraan event Pemilihan Duta Mahasiswa Banten 2013.

Acara pemilihan duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN ini diikuti sekitar 8 pasang delegasi dari kampus se Provinsi Banten. GenRe merupakan program dari deputi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana yang fokus menyosialisaikan menundaan pernikahan dini pada remaja di Indonesia.

Saya menemui Nur Syafitri, S. Psi, M. Si, pihak penyelengara yang hadir saat itu. “Apa sih, Mbak tujuan dari acara ini?” tanya saya.

“Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe adalah ajang untuk mencari figur remaja yang bisa menjadi teladan dan aktif menyosialisasikan progmam GenRe ke teman-teman sebaya mereka,” tuturnya. “Progam GenRe memiliki tujuan agar remaja mampu merencanakan kehidupannya sebelum memasuki usia perkawinan.”

Kriteria duta GenRe adalah remaja atau mahasiwa yang aktif berorganisasi di kampusnya, di antaranya turut andil dalam Pusat Informasi Konselling yang disosialisasikan BKKBN ke kampus-kampus. “Masing-masing kampus mengirim satu pasang delegasi yang hari ini akan ditentukan pemenangnya. Mereka yang terpilih nantinya akan diikutsertakan dalam ajang yang sama di tingkat nasional sebagai perwakilan GenRe Banten,” Syafitri menambahkan.

“Ada persyaratan khusus lainnya untuk menjadi duta GenRe?”

“Selain cerdas, aktif berorganisasi, pemilihan ini diutaman untuk mahasiswa di semester 1 sampai 4.” Tujuan pemilihan duta GenRe adalah pemudahan proses transfer informasi kepada remaja melaui teman sebaya mereka, yaitu usia mahasiswa. (Chogah/ ft. Chogah)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »