BEM Teknik Untirta dan Reaksi Gelar Pelatihan Jurnalistik

11.39

Cilegon, Banten Muda – Jumat (12/4), Lembaga Pers Mahasiswa Reaksi bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, menggelar acara pelatihan menulis dan jurnalistik di gedung vicon, kampus Untirta, Cilegon.

“Kita baru saja selesai open recruitment keanggotaan Reaksi yang baru di tahun 2013 ini, dengan adanya pelatihan ini kami berharap anggota baru lebih tahu seluk-beluk jurnalistik seperti bagaimana teknik wawancara dan cara menulis berita yang baik,” ujar Tama Putra Tua, Ketua Umum Reaksi periode 2012-2013 dalam sambutannya.
Reaksi sengaja mendatangkan Setiawan Chogah, jurnalis Banten Muda yang juga merupakan mantan pemimpin redaksi Reaksi. Setiawan membagikan pengalamannya di dunia jurnalistik dan kepenulisan. Selain menulis berita, mahasiswa Teknik Industri angkatan 2008 ini telah menelurkan puluhan tulisan berupa cerpen, artikel, dan puisi di sejumlah media lokal dan nasional. 

“Sama halnya dengan modal menjadi penulis yang hanya 26 abjad dari A sampai Z, seorang jurnalis pun begitu. Kalian hanya butuh tekad, keberanian untuk bertindak, dan tahan banting. Selebihnya bisa dipelajari, banyak sekali buku-buku praktis tentang jurnalistik yang bisa dibaca, saya rasa untuk seorang engineer, belajar otodidak dari surat kabar juga bukan sesuatu yang sangat sulit,” tutur Setiawan pada peserta.
Setiawan menjelaskan bahwa modal untuk menjadi seorang jurnalis adalah semangat dan niat yang tulus, untuk skill dan cara menulis berita bisa dipelajari.  (BieM)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »