TRAS Sosialisasikan Program Kreativitas Mahasiswa di Untirta

17.21


Serang, Banten Muda – Unit Kegiatan Mahasiswa Tirtayasa Research and Academic Society (TRAS) melakukan sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa lewat workshop PKM GT/ AI dengan mengusung tema “Langkah Sukses Menuju PIMNAS 2013” di gedung E kampus Untirta, Sabtu (9/3).

Kepada Banten Muda, ketua pelaksana, M. Firmansyah menceritakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna menyosialisasikan kepada mahasiswa di Banten, dan Untirta pada umumnya bahwa pemerintah punya program yang dapat menampung dan mendanai ide-ide kreatif mahasiswa. “Masih banyak mahasiswa yang gak tau PKM GT/ AI. Padahal program dari DIKTI ini mahasiswa dapat menyalurkan ide-ide kreatif mereka guna mengaplikasikan ilmu dan ide buat pengabdian kepada masyarakat,” ujar mahasiswa Manajemen semester dua ini.

TRAS sengaja mengundang beberapa delegasi dari kampus lain di Banten untuk turut hadir dalam workshop ini. Sebagai pemateri, TRAS menghadirkan tiga narasumber di antaranya Siti Gia Syaugiyah Fitri, M. Biotech. Dalam paparannya Siti mengatakan bahwa selain memiliki kemampuan hard skill, mahasiswa juga harus punya kemampuan lain yang dapat diandalkan yaitu soft skill. “Soft skill dapat dikembangkan salah satunya melalui program pemberdayaan masyarakat, dan DIKTI menyediakan itu melalui PKM. Mahasiswa kan agen pencerah, jadi harus bisa dong mengaplikasikan kemampuannya untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat,” tutur dosen Biologi ini.

Selain Siti, juga hadir dua pemateri dari alumni PKM GT 2011 Makassar, Reggy Ineke Ridart dan Ima Apriliani, keduanya merupakan mahasiswa Universitas Indonesia yang berbagi pengalaman mereka selama mengikuti PIMNAS di Makassar.

“Bayangkan, dari 9000 proposal yang lolos tahap pertama, hanya 40 saja yang akan diundang ke PIMNAS. Jadi kita memang harus mempersiapkan semaksimal mungkin proposal kita biar tim penilai tertarik,” papar Reggy. Reggy menyampaikan untuk bisa lolos ke PIMNAS, peserta harus mengikuti standar penulisan proposal yang sudah ditetapkan oleh DIKTI, “Hal pertama tentu harus ngikutin panduan penulisan, selain ide yang kita ajukan harus sederhana tetapi menjadi luar biasa, punya nilai kebermanfaatan, solutif, dan mengankat isu yang up to date,” tambahnya.

Program Kreativitas Mahasiswa bisa diikuti oleh mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu, tidak harus yang berbau ilmiah dan teknologi. “PIMNAS bukan berarti melulu tentang tentang ilmiah, kok, tapi juga bisa diikutin oleh teman-teman dari latar belakang disiplin ilmu lain. Focus on your passion and make it happen. Musik, teknologi, research, pendidikan, anak BEM, apapun bidang kita, bisa ikutan PIMNAS, kok,” ujar Ima sembari memperlihatkan video anak-anak PIMNAS dari UI. (Chogah/ ft. Chogah)
 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »