RONY ZAKARIA LUNCURKAN “ENCOUNTERS: A VISUAL JOURNEY”

13.26


JAKARTA — Saat ini Indonesia tengah bersaing ketat dengan negara-negara lain untuk menghasilkan foto-foto berkualitas yang tidak hanya berfungsi mendokumentasikan perubahan zaman, tetapi juga merayakan momen-momen kecil dalam kehidupan. Momen-momen kecil inilah yang kemudian diangkat oleh Rony Zakaria dalam bukunya bertajuk Encounters. Rony memberikan sebuah kesempatan unik kepada kita untuk menilik, mengintip, dan mengevaluasi (bahkan menganalisis) hal-hal yang biasanya kita lewatkan begitu saja. Kecuali jika momen-momen itu dihadirkan dalam format istimewa dan kaya tekstur seperti yang ditampilkan oleh foto-foto hasil jepretan Rony.
“Foto-foto ini diambil saat saya sedang berjalan-jalan di dalam kota; atau hal-hal yang tak sengaja saya temui saat tengah bepergian. Mereka adalah snapshot yang ‘disuguhkan’ kepada saya. Bagi saya, foto-foto ini sama seperti buku harian visual, koleksi emosi yang saya rasakan saat mengarahkan kamera untuk merekam apa-apa yang saya lihat. Mereka adalah tanda mata, sebuah peringatan agar saya selalu merayakan dinamika kehidupan,” tandas Rony.
Sebagai seorang fotografer muda, kontribusi dan karya Rony dalam bidang foto jurnalistik di Indonesia meraih sejumlah apresiasi. Ia adalah pemenang sejumlah penghargaan bergengsi, seperti NPPA Best of Photojournalism (2010 & 2011), Foto Essay Terbaik TEMPO (2010) dan Mochtar Lubis Award Grant (2009). Selain itu, karyanya juga telah sering disertakan dalam pameran foto, baik di Indonesia maupun di luar negeri.
Mengenai keputusannya menerbitkan Encounters, Rony menyatakan: “Saya rasa hampir semua fotografer memiliki impian untuk menerbitkan buku koleksi foto. Ketika saya memutuskan untuk jadi seorang fotografer tujuh tahun lalu, salah satu alasannya adalah karena fotografi membuat semangat saya meletup. Saat saya sedang memproses foto di kamar gelap, saya merasa seperti anak kecil yang hendak disuguhkan es krim setiap hari dengan rasa berbeda-beda. Bagi saya, mungkin, alasan kenapa saya menyusun buku ini adalah untuk terus membiarkan anak kecil itu hidup dalam hati saya.”
Fotografer muda Indonesia yang karya-karyanya telah diterbitkan di jurnal, majalah, dan surat kabar lokal dan internasional seperti International Herald Tribune, Time Asia, The Wall Street Journal, The New York Times, National Geographic Indonesia, BBC Indonesia, Tempo, Asian Geographic, Punctum, Monocle dan The Jakarta Post ini akan meluncurkan buku fotografi pertamanya yang sekaligus membuka pameran foto tunggal bertajuk “Encounters – A Visual Journey”, pada Jumat 15 Maret 2013, pukul 19.00 WIB, di Galeri Cipta 3, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Jl. Cikini Raya 73 10350. Pameran foto tunggal karya-karya Rony Zakaria sendiri akan berlangsung hingga 25 Maret 2013 mendatang.
Peluncuran serta pameran foto Encounters yang didukung oleh Dewan Kesenian Jakarta, PKJ Taman Ismail Marzuki, Invisible Photographer Asia, Galeri Foto Jurnalistik Antara, Globe Kemang, Pewarta Foto Indonesia, dan Magnum Events & Promotions ini akan mengangkat kepiawaian Rony Zakaria sebagai seorang fotografer, sekaligus menunjukkan karya-karya terpilihnya selama beberapa tahun terakhir sebagai seorang visual artist. [BM/Niduparas Erlang]

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »