P3AR Kupas Tuntas Latar Belakang dan Solusi Radikalisme di FT Untirta

07.12
Cilegon, Banten Muda - Kamis (28/2), Perhimpunan Perempuan Pelopor Anti Radikalisme (P3AR) menggelar seminar bertajuk Radikalisme-Terorisme, Kupas Tuntas Latar Belakang dan Solusinya di ruang vicon Fakultas Teknik Untirta.

Acara yang dihadiri oleh sejumlah dosen, guru, mahasiswa, ibu-ibu pengajian, anggota KNPI, serta LSM ini bertujuan menimbulkan kesadaran pada masayarakat Kota Cilegon untuk menghindari radikalisme dan terorisme.

Prof. DR. H. Abudin Nata, MA dari UIN Jakarta sebagai narasumber menyampaikan bahwa radikal dilatarbelakangi oleh lunturnya kepercayaan sekelompok warga negara pada pemerintahan sehingga dibutuhkan perubahan dengan jalur yang keras dan cepat. 

“Tindakan radikal di negara kita, baik dari dalam negeri maupun mancanegara selalu dikait-kaitkan dengan kelompok agama tertentu. Tindakan radikal penganut paham tertentu yang membuat citra agama Islam jadi buruk. Padahal tidak begitu, kita tidak perlu kekerasan lah, tidak perlu membangga-banggakan kita Islam, tapi tabiat sama-sekali tidak islami. Islam tidak butuh logo, yang penting substansi dan esensinya dalam tindakan dan pengamalannya,” ujar Prof. Abudin pada peserta.

“Seminar yang bagus dan bermanfaat. Saya jadi mengenal Islam lebih dalam, Islam yang lembut dan penuh kasih sayang. Cara-cara ini akan saya terapkan pada anak-anak didik saya di Paud nanti,” tutur Ibu Farida Ariyani Kangiden, salah seorang peserta kepada Banten Muda seusai acara.

Radikalisme dapat dicegah dengan beberapa cara, di antaranya memahami makna lakum dinukum waliyaadin, memberikan pendidikan agama yang mendekati sosial budaya, lingkungan hidup, perdamaian dunia, pendidikan agama yang integrated dengan ilmu umum, seperti beriman dengan Matematika, serta mengenalkan ideologi Islam yang humanis pada anak mulai sejak usia dini. (Chogah/ ft. Chogah)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »