Kupas Tuntas Seputar Dunia Jurnalistik di Radar Banten

17.35


Serang, Banten Muda – Bertempat di Graha Pena Radar Banten, peserta kelas menulis Rumah Dunia angkatan 21 dan sejumlah siswa dari sekolah lain mengunjungi salah satu gedung media terbesar di Provinsi Banten, Sabtu (9/3).

Kunjungan ini bertujuan untuk mengenal lebih jauh tentang dunia jurnalistik dan proses peliputan berita, menjadi koran, sampai proses pendistribusiannya ke tangan pembaca.

Hilal Ahmad, salah seorang redaktur Radar Banten berbagi pengalamannya selama menjadi wartawan lapangan Radar Banten. “Saya bergabung di Radar Banten 7 tahun yang lalu. Ya sebagai wartawan saya harus terjun ke lapangan, meliput dan mencari berita.” Hilal menceritakan kepada peserta suka duka selama menjadi wartawan lapangan. “Intinya profesi jurnalis itu menyenangkan bagi orang-orang yang suka menulis dan bergaul. Profesi yang menuntut orang-orangnya konsisten dan tahan banting,” ujurnya.

“Profesi jurnalis tidak akan cocok bagi orang-orang yang suka mengeluh. Soalnya wartawan itu kerjanya yang ke lapangan dengan berbagai kondisi alam. Hujan, panas, dan angin, kita tetap harus liputan. Rasa capek itu akan terbayar ketika kita melihat tulisan kita dimuat di koran dan bibaca oleh ribuan orang. Itu rasanya wow banget,” imbuh Hilal menyemangati peserta yang hadir.

Usai menyampaikan proses peliputan berita sampai penyuntingan menjadi berita yang layak terbit, peserta diajak ke ruang percetakan koran di lantai dasar gedung Graha Pena. Di ruang itu terdapat beberapa mesin cetak dengan berbagai fungsi seperti mesin khusus mencetak halaman berwarna dan halaman hitam putih. (Chogah/ ft. Chogah)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »