HBC Unbaja Gelar Seminar Nasional Anti Korupsi

23.56

Serang, Banten Muda – Jumat (15/3), Himpunan Mahasiswa Civic Baja (HBC) menggelar Seminar Nasional anti korupsi dengan tema Mewujudkan Generasi Muda yang Berkarakter Menuju Indonesia Bersih dari KKN di Era Globalisasi di kampus Universitas Banten Jaya, Serang.

Ketua penyelenggara, Tata Muldani, mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk menyosialisasikan bahaya korupsi terhadap kehidupan bangsa pada gererasi muda, khususnya mahasiswa sebagai agen pencerah. “Kita pengin memberitahukan kepada agen-agen perubahan bahwa KKN, terlebih korupsi merupakan tindakan tak bermoral yang dapat menghancurkan bangsa,” tutur mahasiswa PKN semester 4 ini kepada Banten Muda.

Seminar Nasional ini diikuti oleh mahasiswa dari sejumlah universitas di Banten yang sengaja diundang oleh pihak penyelenggara. HBC Unbaja mendatangkan pemateri dari KPK, Mohammad Rofie Haryanto dan koordinator kampanye ICW, Iliana Deta Sari.

Dalam paparannya, Rofie mengatakan bahwa tindakan korupsi merupakan bagian dari kejahatan terhadap bangsa sehingga pencegahannya harus dilakukan secara agresif, serius, dan tanpa kompromi. “Indonesia terkenal dengan prestasinya sebagai negara terkorup di dunia. Tentunya hal ini sangat tidak enak didengar, sehingga kita perlu menanamkan pembelajaran karakter anti korupsi sejak dini kepada generasi penerus bangsa ini,” kata Roffie.

Untuk mencegah tindakan korupsi yang dapat merugikan negara dan membuat kehidupan masyakatat prasejahtera semakin menderita, KPK dan segenap warga negara harus saling bahu membahu memberantas tindakan korupsi dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu. “Korupsi harus dihindarkan sekalipun dalam tindakan terkecil. Karena korupsi merupakan tindakan kejahatan yang terjadi bukan hanya karena ada niat, tapi juga ketika ada kesempatan. Sehingga mahasiswa sebagai calon leader harus diajarkan menjadi pemimpin yang tegas melahirkan sistem yang kuat, sehingga tidak ada celah atau kesempatan untuk pelaku korupsi bertindak,” imbuh Rofie. (Chogah/ ft. Chogah)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »