Gebyar Karya Unggulan Didominasi Seni Tradisi

13.01

BieM - Tahun ini, Dinas Pendidikan Provinsi Banten Bidang Dikti kembali menggelar Gebyar Karya Unggulan Perguruan Tinggi Se-Provinsi Banten. Kegiatan yang dilaksanakan selama lima hari itu dipusatkan di Alun-alun Barat Kab. Serang diikuti sekitar 30 perguruan tinggi negeri dan swasta. Seperti tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Seksi (Kasi) Perguruan Tinggi Bidang Dikmenti Dindik Provinsi Banten Endang Purwataningsih mengatakan bahwa kegiatan tersebut di tujukan untuk memotivasi perguruan tinggi se banten agar bisa menunjukkan prestasi. “Kegiatan ini untuk memotivasi kepada mahasiswa dan dosen untuk menggelar kegiatan karya unggulan di Banten sekaligus ajang promosi perguruan tinggi kelak bagi para calon mahasiswa yang hendak memilih sekolah.” Tuturnya.

Selain stand pameran bagi masing-masing kampus, panitia juga menyediakan ruang bagi ragam tampilan seni. Untuk tahun ini, banyak kampus yang menampilkan kesenian tradisional, seperti halnya seni  Dogdog lojor yang ditampilkan Universitas Serang Raya (Unsera), atau Debus dari STIE Banten. Lain halnya dengan tampilan seni dari IAIN SMH Banten, mereka mempertontonkan perpaduan musik tradisi (gamelan) dan modern sehingga terkesan kontemporer. Diikuti oleh STKIP Setia Budhi Rangkas Bitung yang mengelaborasi Bendrong lesung, Dogdog Lojor dan perkusi modern yang mampu menyedot perhatian penonton.

Bagi beberapa mahasiswa, kegiatan rutin itu sedikit banyaknya memberi manfaat bagi unit kegiatan mahasiswa (UKM) di tiap kampus. Seperti yang diutarakan Munawir Syahidi dari IAIN SMH Banten, dia menilai bahwa event tersebut telah memberi ruang bagi mahasiswa yang memiliki minat bakat di bidang seni." Ini merupakan ajang prestasi sekaligus prestise bagi tiap kampus." Tegas Nawir. [ ]


 








Share this

Related Posts

Previous
Next Post »