Tips Memasarkan Produk Kreatif Kamu

16.50

Menemukan atau menciptakan produk kreatif tentu sangat menyenangkan bahkan membanggakan, dan itu bagus, namun lebih bagus lagi adalah produk hasil kreasi kamu bisa dinikmati oleh orang banyak, karena disamping bermanfaat bagi orang lain namun juga dapat menambah penghasilan yang dapat digunakan untuk membantu kamu mewujudkan ide kreaatif lainnya, juga sebagai tabungan untuk kepentingan kamu meraih masa depan yang kamu harapkan.

Oleh : Boyke Pribadi
Praktisi Pemasaran Online

Salah satu cara agar produk kreatif kamu bisa dinikmati orang lain adalah dengan memasarkannya melalui teknik pemasaran yg lagi nge-trend saat ini yaitu pemasaran online.
Berikut tips yang pernah saya praktekkan dalam melakukan pemasaran online.
1.       Bentuk pemasaran online yang paling praktis dan gak ribet adalah dengan memanfaatkan jejaring sosial yang kamu pasti punya saat ini yaitu : facebook. Strategi memasarkan secara online melalui facebook adalah langkah awal kalau ingin memperkenalkan produk kreatif kamu kepada orang yang memiliki hubungan dengan kamu, seperti teman, teman dari teman, atau saudara. Karena melalui facebook kamu bisa menampilkan berbagai foto produk dan harganya serta men’tag’nya kepada sasaran konsumen kamu.
2.       Karena jumlah jejaring di FB untuk kepentingan non komersial terbatas, maka jika kamu ingin memiliki pangsa pasar yang lebih luas, maka kamu bisa mulai membuat Home Page atau website yang memuat informasi tentang produk kamu. Untuk website ini, kamu bisa memanfaatkan secara gratis dengan menggunakan ekstensi blogspot, multiply atau lainnya (contoh www.produkkamu.blogspot.com). Namun karena sifatnya gratis maka terkadang ada juga kalimat nyelekit dari konsumen kita yang berbunyi ; haree genee jualan pake blogspot, karena menurut sebagian orang kalau mau berbisnis ya harus bermodal. Tapi menurut saya tidaklah mengapa, lha wong namanya juga sdg belajar dagang....
3.       Atau.....kamu bisa membeli alamat dengan ekstensi .com (dot com) sehingga alamat websitenya lebih bergengsi seperti : www.produkkamu.com. Memang untuk membeli alamat ini kita butuh biaya, tapi gak mahal koq, cuman senila Rp. 260.000,- kamu sudah dapat alamat dengan ekstensi dot com dan kamu bisa mendesainnya sendiri dengan mudah.
4.       Setelah memiliki website, maka cara selanjutnya adalah bagaimana mempromosikan website kamu supaya bisa nangkring di page one (halaman pertama) google, atau malah kalau bisa di ranking 1 ketika calon konsumen mengetikkan kata kunci produk kamu di google. Kenapa harus google, karena sebagian pemakai internet, jika hendak mencari informasi maka akan menggunakan www.google.com sebagai mesin pencari. Website yang muncul di rangking tertinggi di google bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain; keunikan kata kunci, besarnya trafict (kunjungan) ke website kita.
5.       Selain itu, untuk mempromosikan produk kreatif kita serta alamat website-nya supaya muncul di rangking tertinggi di google, maka sebaiknya kita harus rajin menyebar iklan kita ke ratusan iklan baris gratis yang banyak tersedia di dunia maya...hah?? ratusan?? Capeek dunk ngetiknya??....tenang dulu mas brow.....karena saat ini cukup hanya membayar Rp. 30.000 perbulan, maka iklan kita dapat dimuat pada lebih dari 900 alamat iklan baris yang gratis dengan cara singkat (per tanggal tulisan ini dimuat, iklan kamu dapat ditayangkan di 1487 situs sekaligus !!). Untuk mendapatkan software-nya, kamu bisa masuk ke alamat www.autosubmit.web.id
6.       Jika kamu masih merasa kurang untuk berpromosi, maka kamu bisa menyebar SMS promo secara massal kepada target konsumen di kota atau daerah tertentu dimana produk kamu dipasarkan, karena setiap provider telekomunikasi menggunakan kode khusus yang berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya yang dinamakan HLR (Home Locator Register), sebagai contoh nomor handphone dengan prefix (awalan) 081112XXXX adalah HLR untuk daerah serang-cilegon dan sekitarnya. Dan saat ini banyak provider tertentu yang memberikan bonus SMS gratis untuk pengiriman dalam satu provider dalam jumlah ribuan SMS. Untuk software pengiriman SMS masal, salah satunya kamu bisa lihat di www.smscaster.com, tapi harap diingat,  perhatikan waktu kamu mengirim SMS, jangan di tengah malam, karena mengganggu orang istirahat.

Selamat Mencoba !!!!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »