Berkarya dan Berbagi Inspirasi

Sabtu, 03 Maret 2012

Parlemen Muda Indonesia 2012; Suara Pemuda, Nurani Bangsa






Hai sobat Bi-eM, ketemu lagi sama Panji . Kali ini Panji bakal ceritain pengalaman dan kegiatan - kegiatan di Parlemen Muda Indonesia 2012 yang dilangsungkan selama 7 hari dari tanggal 28 Januari - 3 Februari 2012 di Jakarta.  Panji sendiri dipilih oleh panitia sebagai  perwakilan Provinsi Banten, tidak mudah lho prosesnya.  Ceritanya sih Panji ditunjuk untuk menjabarkan kondisi Banten.

Pada Sabtu 28 januari 2012, Panji berangkat sekitar jam 9 pagi dari sekolah. Tentunya dalam pemberangkatan, Panji diantar oleh guru PKN yang akrab di panggil Pak Ubay dengan memakai mobil beliau. Pukul 12.00 kami sampai di Wisma Handayani, Kompleks Direktorattjen Dasmen Kemendiknas Jl. RS. Fatmawati No. 59 Cipete, Jakarta Selatan.
Sesampainya di sana, akhirnya peserta pertama yang datang di tempat adalah Panji sebagai wakil Banten, bisa dimaklumi karena jarak Banten menuju Jakarta tidak terlalu jauh dibandingkan peserta lain.

Kedatangan Panji disambut oleh Direktur Program Parlemen Muda Indonesia sekaligus presiden Indonesian Future Leaders (IFL) ,Iman Usman. Penyambutan tersebut sekaligus pemberian kunci kamar untuk penginapan Panji  selama 7 hari. Kamar 2311 menjadi tempat istirahat Panji selama 7 hari ke depannya.

Beberapa jam setelah mendapatkan kamar tersebut, teman teman delegasi provinsi lain datang dengan kendaraan bus kementrian pemuda dan olahraga.  Sebelumnya mereka juga menunggu teman teman provinsi lain di bandara Soekarno – Hatta. Pada akhirnya Panji satu kamar dengan wakil provinsi Bali, NTB dan Sumatera Selatan.

Jumlah peserta Parlemen Muda 2012 sebanyak 33 orang dari 21 provinsi di Indonesia. 29 orang peserta merupakan para mahasiswa sedang menjalani studinya di universitas dan akademi ternama di Indonesia, 1 orang lulusan S2 kedokteran gigi university of cambridge. Sedangkan 3 orang lainnya adalah siswa SMA yang berumur 17 tahun.  Yaitu Panji (SMAN 2 Kota Serang) yang berumur 17 tahun. Puput (SMAN 1 Padang) dan Krisa Putri (SMAN 1 Matauli Pandan Sumut).

Di sana, kami harus bisa mewakili provinsi untuk memberikan kontribusi pemikiran dan solusi terbaik dalam menangani masalah di daerah kami. Dan tentu saja tetap harus mempersiapkan untuk ujian nasional dan SNMPTN yang akan datang.

Di setiap malamnya selalu dilengkapi program Capacity Building yakni program peningkatan kapasitas bagi para pemuda. Tiap peserta diberikan pengetahuan tentang mengelola, memimpin serta merepresentasikan sebuah proyek dan memecahkan segala permasalahan melalui metode khusus yang telah di ajarkan.

Para pemateri sesi ini adalah individu-individu luar biasa seperti Iman Usman selaku direktur program Parlemen Muda Indonesia, Dyah Ayunico selaku konsultan di salah 1 perusahaan terbesar dunia Mc Kinsey. Agni dari Ashoka Indonesia, Arief Aziz Ted Ex Jakarta, dan Andhyta Firselly Utami  director general Indonesia Model United Nation sekaligus manajemen proyek IFL.

Sedang pada minggu, 29 januari 2012. Pembukaan acara Parlemen Muda Indonesia dilaksanakan di auditorium Radio Republik Indonesia (RRI). Selain menyanyikan lagu kebangsaan, ada juga nyanyian melayu bernada indah yang diiringi melodi gitar oleh Rendy (Arai Sang Pemimpi). Acara dibuka dengan sambutan & pemukulan gong oleh Bpk.Irman Gusman selaku ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI). Acara pembukaan ini sekaligus merupakan konferensi Meet The Leaders, dimana para peserta dipertemukan dan diajak dialog oleh 13 leaders Indonesia yang akan memberikan motivasi dan berbagi pengalaman kepada  pemuda Indonesia, para leaders itu diantaranya :

1.       Anies Baswedan (penggagas Indonesia mengajar)
2.       EU Ambassador
3.       Joko Widodo (walikota solo)
4.       Lidwina Marcelala (ketua umum koalisi pemuda hijau Indonesia)
5.       Leo Mokodompit (koordinator youth desk, UNESCO Indonesia)
6.       Christophe Dorigne Thomson (Direktur PT . Global CDT Indonesia)
7.       Ayu Kartika Dewi (Indonesia Mengajar)
8.       Deradjat Ginandjar Koesmayadi (Rumah Cemara)
9.       Leonardo Kamilius (Pendiri Koperasi Kasih Indonesia)
        Andriani Marshanda  (Artis, pendiri dan CTO Inspire Cast)
       Dik Doank (Artis, pendiri Kandang Jurank Doank)
1     Ainun Niswati Chomsun (Pendiri Akademi Berbagi)
1     Wahyu Muryadi (Pemimpin Redaksi Tempo)
1     Hong Tjhin ( CEO DAAI TV Indonesia)

Acara Konferensi ini mampu membuat para peserta yang berada di auditorium RRI merasa terkagum akan adanya para pemimpin yang peduli akan generasi muda saat ini.  Teringat ungkapan pak Anies Baswedan “apabila kita ingin lihat Indonesia di masa depan, LIHATLAH DARI PARA PEMUDANYA” . Ini yang membuat saya dan teman teman tersadarkan bahwa generasi mudalah yang akan meneruskan  tonggak berdirinya bangsa Indonesia dan mampu menjadikan Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang.

Bertempat di gedung Sampoerna Strategic Square, tiga hari berikutnya, kami mengikuti  sidang parlemen muda. Setiap harinya agenda sidang membahas tema yang berbeda, dengan menekankan pada peranan pemuda dalam pembangunan Indonesia. Agenda sidang meliputi , Peran pemerintah dalam menjamin akses pemdidikan berkualitas (pendidikan), Pelayanan kesehatan yang terjangkau dan usaha untuk mengurangi  angka kematian ibu dan anak (kesehatan) dan Pembangunan berkelanjutan sebagai bentuk upaya pelestarian lingkungan hidup (lingkungan).

Tujuan diadakannya sidang parlemen adalah untuk membuat rancangan atau rekomendasi kebijakan dalam mengatasi permasalahan khususnya di bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan. Rancangan Rekomendasi ini akan diajukan kepada pemerintah terkait pelaksanaan kebijakan tersebut, Maka Pada tanggal 2 februari 2012, para peserta parlemen muda Indonesia mengadakan kunjungan ke 5 tempat, yaitu Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementrian Lingkungan Hidup (KemenLH), Kementian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud), Kementrian Kesehatan (Kemenkes) serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Parlemen muda indonesia memberikan para pemuda kesempatan untuk mengadakan project di masing masing daerah yang diwakili. Project ini merupakan bentuk output dari parlemen muda Indonesia. Setiap delegasi akan melaksanakan program sosial dan advokasi pada salah satu isu yang di agendakan selama sidang (kesehatan, lingkungan dan pendidikan). Hal ini ditujukan agar dampak parlemen muda tidak hanya dirasakan oleh peserta yang mengikuti sidang saja, tetapi juga bisa menyebar hingga ke semua elemen masyarakat .

“INGAT , PEMUDA ADALAH GENERASI MASA DEPAN BANGSA, MARI BERSAMA MEMBANGUN INDONESIA YANG LEBIH BAIK. “SUARA PEMUDA , NURANI BANGSA” SALAM PARLEMEN MUDA INDONESIA……!!!!!”
Comments
3 Comments