Satu Gitar, Seribu Nada, Sejuta Harapan

21.24


 Berbagai masalah di Negeri ini memang tak hanya menyisakan keprihatinan semata. Tapi diantaranya juga menyebabkan ribuan anak kini masih di jalanan dan terpaksa kehilangan kesempatan belajar dan bermain. Namun, kerasnya kehidupan jalan raya terkadang juga menyimpan berlian tak terasah yang tiap harinya hanya sekilas melintas di depan kita. Anak-anak berbakat yang menjajakan suara dan petikan gitarnya demi mengejar sebuah keping harapan. Tak hanya dijalanan, tetapi juga disudut-sudut negeri ini. Dalam rumah-rumah singgah, di panti-panti asuhan, di pesantren, penjara anak, dan lain sebagainya. Mereka anak-anak yang memiliki talenta bermusik, namun tak terfasilitasi.


Dalam rangka perayaan ulang tahun yang ke-6, Majalah Rolling Stone Indonesia mencanangkan sebuah gerakan untuk anak negeri yang berjudul '1000 Gitar Untuk Anak Indonesia'. Gerakan ini merupakan sebuah gerakan sosial yang berbentuk pembagian 1000 gitar akustik kepada anak-anak kurang mampu dari berbagai usia, ras, suku, dan agama. Rencananya, 1000 gitar tersebut akan dibagikan dalam rentang waktu satu tahun dan didistribusikan secara nasional ke lebih dari 100 rumah singgah, pesantren, panti asuhan, penjara anak-anak dan lainnya.


Sebelumnya untuk pertamakali Gerakan 1000 Gitar untuk Anak Indonesia ini diselenggarakan dalam acara Kick Andy dan melibatkan gitaris ‘the legend’ Ian Antono (God Bless). Bagi Ian, untuk acara amal, ia selalu siap. Apalagi dengan membawa nuansa gitar, ia mendukung penuh. Pendapat senada juga dikemukakan oleh Eet Syahranie, mantan gitaris God Bless yang saat ini masih memperkuat grup band EDANE. Dalam acara tersebut Band Alexa menampilkan lagu dengan featuring 10 gitaris ternama. Mereka adalah Ian antono (God Bless), Eet Syahranie, Baron (Soulmate), Irfan (Samsons), Satrio (Alexa), Ridho (Slank), Baim (The Dance Company), Dewa Budjana (GIGI), Edwin (Cokelat), dan Ovy (rif/). Tak mau kalah para gitaris perempuan juga turut andil dalam menampilkan satu lagu yang mereka ciptakan khusus untuk acara ini. Lagu yang memiliki latar belakang penciptaan dengan cukup unik. Gitaris perempuan tersebut adalah : Endah (Duo Endah & Rhesa), Sashi (Drew), Fia (gitaris Tere), Riri dan Qoqo (She).


Bagaimana dengan Banten? Alhamdulillah, bekerjasama dengan tabloid Banten Muda, Perpustakaan Daerah Provinsi Banten dan Forum Silaturahim Pondok Pesantren (FSPP) Banten, pembagian Gitar dari Majalah Rolling Stone Indonedia ini juga akan sampai di Banten pada tanggal 8 Maret 2012 mendatang. Sekitar 60 Gitar akan dibagikan ke pesantren-pesantren, sekolah umum dan komunitas seni yang sudah ditetapkan oleh panitia.

Mari kita dukung gerakan ini, karena dibalik tarikan suara dan petikan dawai gitar sederhana, pada mereka tersimpan potensi bermusik serta kemahiran merangkai nada. 1000 Gitar Untuk Anak Indonesia : Satu Gitar, Seribu Nada, Sejuta Harapan. (Irvan Hq dari berbagai sumber).


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »