Reportage : BERKEBUN YUUK…

21.01
Oleh : Lulu Jamaludin

Serang, (31/7) – Ratusan pelajar  SPM Darul Muqomah,Walantaka,kota Serang dan warga ikuti kegiatan berkebun di Ciracas Mahar Regency, Ciracas,kota Serang,Minggu (31/7). Acara yang digagas oleh komunitas Banten Berkebun tersebut,selain menanam sayuran, juga para pelajar dan warga digratiskan untuk makan sepuasanya Bandeng Bakar lumpur dan durian jatohan yang diambil dari kebun kawasan Kota Serang.

Ketua panitia acara Berkebun yuuk.., Yuli Vita D  menjelaskan,kegiatan berkebun tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan tidur,untuk ditanami dengan tanaman yang bernilai ekonomis.

Selain itu,lanjut Yuli,ajakan komunitas Banten Berkebun kepada masyarakat,supaya bisa mengimbangi ruang terbuka hijau (RTH) di Banten,yang semakin hari semakin menipis.

“Namun prinsip Banten Berkebun adalah,bagaimana kita bisa menanam yang mempunyai nilai ekologi, edukasi, dan ekonomi,” kata Yuli.

Yuli berharap, sepulang dari kegiatan berkebun tersebut, para pelajar dan warga bisa mengaplikasikan langsung di lingkungan rumahnya. Sebab,selain menanam, mereka juga dibekali pengetahuan tentang tanaman,pupuk,jenis tanah, bibit, dan hal-hal yang berkaitan dengan berkebun.

Menurut Yuli dalam kegiatan tersebut,para pelajar dan warga,bebas memilih apa yang akan ditanamnya.”Kami sediakan bibit seperti,Kangkung,Tomat, Cabai dan Bayam,serta terong ungu,” katanya,seraya mengatakan,bahwa kegiatan tersebut bukan diselenggarakan oleh pemerintah melainkan murni dari seluruh anggota komunitas Banten Berkebun yang independent.

Sementara itu,kepala sekolah SMP Darul Muqomah, Jindar Tamimi,mengatakan,kegiatan tersebut sangat bernilai positif sebab selama ini jarang sekali kegiatan yang melibatkan pelajar,untuk menanam dengan jenis tanaman yang bernilai ekonomis, edukasi dan ekologi.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bukan hanya di komunitas Banten Berkebun saja,sehingga para pelajar serta masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan sekecil apapun untuk menanam jenis tanaman yang bernilai ekonomi,” tegas Jindar.

Acara Berkebun Yuuuk  yang dimulai sekitar pukul 06.00 WIB tersebut,mendapat apresiasi dari ratusan pelajar dan warga sekitar. Bahkan tampak keakaraban diantara peserta, ketika makan bandeng bakar lumpur dan durian jatohan sepuasnya. ***

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »