INSPIRATION : KREMOV PICTURES

19.44
HILAL CINTA – Banten The Movie


            Kreative Movie atau akrab disebut KREMOV yang merupakan komunitas film Banten peraih juara II Nasional FFP UNJ 2011 ini kembali memproduksi sebuah film besar untuk persembahan Hari Ulang Tahun Provinsi Banten yang ke-10.  Setelah film tahun lalu dengan judul “Menembus Mercusuar” yang sempat ditonton Gubernur sampai Riri Riza, tahun ini Kremov telah menyelesaikan proses shooting film bertema Drama Religi “Hilal Cinta” yang berkisah mengenai seorang putri kiyai disaat menemukan cinta dari pemuda yang berbeda keyakinan. Selain itu Hilal Cinta akan menjelaskan mengenai kepemimpinan, kesetaraan derajat perempuan, toleransi antar umat beragama, bahkan mengusik mengenai pergaulan bebas remaja yang terangkum menjadi satu dalam sebuah cerita fiktif masa kini. Walaupun film ini bernafaskan religi, namun Kremov membuatnya menjadi kisah cinta yang universal, tidak memihak kepada mayoritas, siapapun bisa menontonnya.

Film yang berdurasi 1,5 jam ini merupakan garapan Sutradara Darwin Mahesa dibantu Suci Nurmaia, Imonk Anyer KNPI, juga team lainnya, dengan dibintangi Oleh Lazia Qodaria & Zaki Ramadhan, Mahasiswa Untirta serta beberapa ulama dan ustadz dari berbagai daerah di Banten, seperti KH. Mahmudi (pimpinan Ponpes Al-Mubarok) langsung  ikut serta beradu acting sebagai Kiyai. Kremov mengharapkan dari pemain yang memang sesuai dengan karakter dalam scenario bisa membuat Hilal Cinta menjadi film berkualitas dan siap mengikuti pameran Banten Expo 2011, selain itu Hilal Cinta akan diikutsertakan dalam Festival Film Fiksi Tahun depan. Kremov optimis akan meraih juara I Film Independent bukan hanya di provinsi Banten saja tetapi di kancah Nasional bahkan Internasional mengingat Hilal Cinta telah menyelesaikan proses shootingnya selama hampir 2 bulan (Juni-Juli) sedangkan persiapannya dimulai dari awal Januari 2011, saat ini crew film sedang memasuki tahap Editing dan Pembuatan Soundtrack. Tidak tanggung-tanggung Soundtrack Hilal Cinta digarap langsung oleh Arif Zafullah, Instrktur Seni Musik Banten. Terdapat 4 lagu untuk soundtracknya yang akan dilantunkan oleh penyanyi dari beberapa peserta Pop Singer Banten. Band Indie lokalpun turut membuat Soundtrack untuk film ini, tetapi hanya 2 lagu saja yang akan dipilih dari banyaknya Band Indie, sedangkan 2 lainnya dari Arif Zafullah. Tak tertinggal beberapa komunitas fotografi juga ikut membantu film ini dari segi cover, behind the scene dll dalam bentuk foto, dan menampilkan berbagai tempat istimewa  diantaranya seperti Rawa Danau, dimana hal ini merupakan cagar budaya dari Banten yang patut diperkenalkan ke seluruh dunia. Ya dari Seni Film, Music sampai Photography bergabung menjadi sebuah karya untuk provinsi Banten tercinta. Dari Seni, Kremov ingin memajukan Banten dengan muda-mudinya yang kreatif, bukanlah Materi yang diharapkan tetapi sebuah karya yang berkualitas sebagai pembuktian.

Kremov bekerjasama dengan Multimedia Smeksa (SMKN1 Serang red), sekolah tersebut menyumbangkan peralatan Broadcastingnya agar gambar dapat berkualitas tinggi layaknya layar lebar, bermain pula dengan tekhnologi software After Effect, untuk lebih memperindah Sinematografi Hilal Cinta. Dari mulai perancangan Scenario, Casting Pemain, Hunting Lokasi, Persiapan Alat, Penentuan jadwal shooting, sampai tahap Editing dan penggarapan Music Ilustrasi Memang cukup terbilang sulit bagi orang awam, tapi tidak untuk Team Kremov karena Hilal Cinta merupakan Film ke-10 setelah Film-film lain dari tahun 2007. Meskipun begitu tetap saja banyak rintangan dan sungguh banyak cobaan yang harus dilalui untuk menyelesaikan film ini,  dari hal itulah kesederhanaan dan tentunya menghemat budget merupakan salah satu prinsip dari team Kremov. “kami yakin film bergenre Drama Religi ini akan seperti Box Office, mempunyai banyak pesan moral, persiapannya cukup matang. Walaupun dana sangat terbatas, kita tetap berusaha professional bukan asal bikin film karena selain untuk persembahan Hut Banten, Film Hilal Cinta juga akan diikutsertakan Festival tahun depan” ucap Darwin Mahesa selaku Director Film Hilal Cinta, yang menurutnya mendapatkan budget dari hasil Swadaya (sumbangan dana para team dan masyarakat), sampai kini team Kremov dibantu dengan rekan-rekan partner organisasi kampus untuk mencari sponsorship sebagai pendanaan untuk Launching dan event Roadshow Bioskop Daerah. Kabarnya Film Hilal Cinta akan launching pada minggu ke dua September 2011 dengan dihadiri beberapa bintang tamu perfilman, para Seniman, hingga petinggi-petinggi dari provinsi Banten. Semoga Film Hilal Cinta bukan sekedar film hiburan semata namun banyak menyampaikan pesan moral yang patut dijadikan acuan pembelajaran etika hidup. Dukung film ini dan Like Fanspage Facebooknya : Hilal Cinta – Banten the Movie…. (Devi/Kremov)




SINOPSIS :

Ini kisah cinta yang bermula dari sebuah mimpi, menceritakan tentang dua keluarga yang mempunyai latar belakang berbeda, dimana keyakinan menjadi sebuah pertanyaan dalam segi perjodohan. Tersebutlah Hanifa (Lazia Qodaria) putri tunggal seorang Kiyai ternama yang menemukan rasa cinta terhadap pemuda khatolik bernama Eric (Zaki Ramadhan). pertemuan mereka diawali saat acara seminar Islam, dimata putri kiyai ini Eric adalah sosok yang luar biasa karena jiwa muslim sangat melekat dibalik kalung salib yang dimilikinya.

Namun semua itu menjadi hampa ketika Kiyai Mahdi (KH. Mahmudi) menantang keras Hanifa berdekatan dengan Eric dikarenakan Kiyai Mahdi atau akrab dipanggil Abah sudah menjodohkan Hanifa dengan Arif (Roy Jagier) seorang Ustadz muda berprestasi, Abah sangat ingin pesantren miliknya berpindah tangan dipimpin oleh seorang laki-laki dari keluarganya, sayang Abah tidak memiliki anak Laki-laki.

Satu-satunya cara ialah Arif dinikahkan dengan Hanifa agar menjadi bagian keluarganya. Hanifa menolak, ia terpukul ketika dirinya harus dijodohkan dengan orang yang tidak dicintainya, ia melarikan diri dari pesantren, tak lama konflik berdatangan, Eric menjadi sasaran Kiyai Besar dan dituduh menculik Hanifa sehingga tertahan dalam penjara Belanda di kepolisian ibu kota Banten.

Tak hanya itu Adam (Vicky Herdiansyah) adik dari Eric ikut pula memasuki sel tahanan, ia mendapati kasus Video mesum yang dilakukan bersama pacarnya Gladys (Tiara Agni), hal ini menjadi bulan-bulanan masalah besar sehingga membuat tangisan tragis untuk Endro (Musonif) dan Aina (Juju Jumaiah), kedua anaknya terkurung di balik besi hitam.

Eric menemukan cahaya, kini ia siap bersyahadat setulus hati dibalik jeriji besi penjara. Ia menyadari Hanifa adalah Mimpinya yang akan menuntun ke jalan surga, demi kekuatan islamnya Eric berganti nama menjadi Hilal Ahmad. apakah hal itu akan merubah semua ? bagaimana nasib Hanifa selanjutnya ? saksikan selengkapnya…

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »