Economy : PESTA RAKYAT SIMPEDES

21.18
Sebuah Strategi Pemasaran yang Melegenda

Belum lama ini Labuan, Pandeglang dan CIlegon kembali menggelar Pesta Rakyat Simpedes (PRS) yang diselenggarakan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sebuah kegiatan tahunan disejumlah daerah di Indonesia yang dikemas melalui Pesta Rakyat  ini selalu mendapat sambutan dari masyarakat umum. Selain untuk mengapresiasi banyaknya nasabah yang loyal pada produk Simpedes, acara ini selalu mampu menjaring begitu banyak nasabah baru.

Oleh : Eko Yasegia

Tabungan BRI Simpedes telah berkembang dipedesaan lebih dari 25 tahun yang lalu, salah satu produk BRI ini sudah melegenda di hati masyarakat pedesaan. Di  Cilegon misalnya, walaupun kegiatannya sudah rutin digelar BRI, namun masyarakat  selalu memenuhi stand khusus pendaftaran nasabah baru. Ini menjadi bukti potensi usaha mikro di Indonesia khususnya di Banten masih prospektif. Tentu saja ini tidak terlepas dari berbagai jenis strategi yang dilakukan dengan tujuan informasi yang hendak disampaikan mendapatkan perhatian dan menumbuhkan keinginan untuk menjadi nasabah Simpedes yang loyal.

Pesta Rakyat Simpedes yang dilakukan selama ini mampu menjadi alat komunikasi yang efektif untuk meningkatan jumlah nasabah karena publikasi melalui strategi Push, Pull dan Pass Strategy mengenai pelayanan yang menarik dan benefit, hadiah-hadiah dan lain sebagainya dapat dengan mudah dipahami masyarakat.

Penyelenggaraan event ini juga bertujuan untuk memperkuat dan mempertahankan brand dan positioning Tabungan Simpedes dengan melakukan penyegaran kembali dan membuat citra baru sehingga Tabungan Simpedes tetap menjadi salah satu brand yang dapat bertahan di kelas menengah ke bawah. Kegiatan ini juga dianggap efektif untuk meningkatkan pengetahuan, pengenalan maupun upaya pemenuhan selera dengan menarik simpati dan perhatian publik serta melibatkan sebanyak-banyaknya pihak-pihak yang terkait.

Harus diakui Tabungan Simpedes telah melegenda dan berkembang pesat di pedesaan  yaitu masyarakat dengan penghasilan menengah ke bawah. Sangat tepat memilih Pesta Rakyat Simpedes sebagai tema karena sangat memasyarakat dan terasa lebih dekat dengan nasabah. Kemudian dipilihnya Gendang sebagai ikon karena dianggap mewakili seni dan budaya Indonesia yang juga menghantarkan unsur kerakyatan, kemeriahan, kebersamaan dan kegembiraan. Walaupun alat music tersebut di setiap daerah memiliki bunyi dan bentuk yang berbeda namun tetap saja nama alat music tersebut adalah gendang. Secara filosofis gendang merefleksikan tujuan acara Pesta Rakyat Simpedes digelar, yaitu memberikan rasa kegembiraan sekaligus rasa kebersamaan untuk seluruh rakyat Indonesia.


Ada empat konsep yang biasa dilaksanakan dalam Pesta Rakyat Simpedes ini, yaitu Pawai, Panggung, Pasar dan Panen. Pawai biasanya dilaksanakan diawal kegiatan dengan mengarak hadiah-hadiah untuk menarik perhatian masyarakat agar datang menyaksikan PRS, kemudian ada Panggung yang diisi oleh hiburan baik itu kesenian rakyat maupun penampilan sebuah band atau penyanyi. Pasar Rakyat juga menjadi daya tarik utama karena disitu biasanya ada bazaar barang-barang dan makanan murah, sedangkan stan diisi oleh masyarakat yang berpartisipasi. Panen adalah acara puncak berupa penarikan undian dan pembagian hadiah.

Berbeda dengan program Untung Beliung Britama yang terkonsentrasi di daerah perkotaan, Pesta Rakyat Simpedes tahun ini rencananya dilaksanakan di 273 kantor cabang BRI di seluruh Indonesia sejaki Maret hingga November 2011. Tabungan Simpedes diyakini akan terus tumbuh sesuai target perusahaan karena tabungan tersebut telah menjadi primadona masyarakat dan dana yang terkumpul melalui Tabungan BRI Simpedes disalurkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan pembiayaan melalui instrument kredit seperti Kredit Usaha Rakyat dan Kupedes. Siapa bilang rakyat tidak bisa berpesta? BRI telah membuktikannya, bersiaplah bergembira dan menjadi bagian dari legendanya. ***

(dari berbagai sumber)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »